Jumat, 30 September 2011

All on Blog


Colocation
Colocation adalah layanan di mana Anda menaruh server Anda di tempat kami. Kami memberikan listrik dan bandwidth agar server dapat berjalan/online. Manajemen server diserahkan kepada Anda sepenuhnya (unmanaged colo), kecuali jika layanan adalah managed colo maka kami membantu sejumlah manajemen server (lihat pertanyaan mengenai spesifikasi/cakupan layanan managed di bawah). Untuk jasa managed dikenakan biaya tambahan. Colocation merupakan cara yang papng mendekati keadaan seolah-olah memipki staff atau bagian yang mengelola servernya sendiri dalam rangka untuk mempermudahkan akses secara luas di dunia maya, sehingga dengan kata lain colocation adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server .


Dedicated Server
Dedicated Server adalah solusi web hosting terbaik bagi situs-situs web yang membutuhkan power besar serta privacy tinggi dimana data-data situs web dan email Anda akan ditempatkan di server khusus.

Teknologi server side tentang operating system dan software yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar di bagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani operating system dan software secara independen dan dengan konfigurasi yang cepat dan tepat.
VDS biasanya dipergunakan untuk membangun Application Hosting Dengan Virtual Private Server, Development/Test Environments, Educational Outpost, Backup Server, dengan budget terbatas, dan juga jika anda memerlukan hosting yang lebih sekedar dari shared hosting.
Dedicated Server merupakan solusi yang tepat bagi anda yang ingin menyewa server dengan budget terbatas.


VPS (Virtual Private Server)
VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah terobosan paling canggih dalam teknologi virtualisasi server. VPS adalah sebuah physical server yang dibagi menjadi beberapa virtual private sever. Setiap VPS terlihat dan bekerja seperti sebuah jaringan server sistem yang sebenarnya, komplit vps dengan pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, filesystem, dan sebagainya…

Dasar VPS

VPS bekerja seperti sebuah server yang terpisah

> VPS memiliki processes, users, files dan menyediakan full root access

> Setiap VPS mempunyai ip address, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri.

> VPS dapat melakukan configurasi file untuk sistem dan aplikasi software

> setiap VPS dapat memiliki system libraries atau mengubah menjadi salah satu system libraries yang lain.

> Setiap VPS dapat delete, add, modify file apa saja, termasuk file yang ada di dalam root, dan menginstall software aplikasi sendiri atau menkonfigurasi root application software.

VPS mempunyai 5 keuntungan pokok dari sebuah dedicated server:

    *      Biaya :

      Sebuah virtual private server memberimu kegunaan layaknya dedicated server dengan harga yang lebih rendah.
    *      Integritas data :

      Dengan virtual private server anda akan mendapatkan incremental back-up yang sudah built-in pada array RAID 5 yang berkelas dunia untuk memastikan integritas data
    *      Management :

      dengan VPS kita bisa memanage semua aspek dari upgrading dan patching software, tidak perlu kuatir tentang updating paket anda,hal tersebut sudah dikontrol oleh kami.
    *      Fungsionality :

      Sebuah VPS berfungsi sama seperti dedicated server.
    *      Resource Efficient :

      Anda mendapatkan resources yang anda perlukan saat anda memerlukan resources dan semua resources dijamin secara instant akan mengatur ukuran agar sesuai dengan kebutuhan anda.


Shared Hosting
Secara singkat dapat kami jelaskan definisi atau pengertian Shared Hosting adalah sebuah server yang digunakan untuk meletakkan (baca hosting) beberapa web site. Server ini adalah sebuah komputer yang memiliki akses dan dapat diakses secara terus menerus di Internet dan memiliki IP yang statis.

Fungsi server adalah menyediakan layanan di jaringan. Karena ini merupakan web server maka berfungsi untuk memberikan layanan di jaringan internet. Beberapa layanan yang disediakan bersifat TCP-IP, yaitu http, ftp atau telnet. Di dalam server ini juga kemungkinan diinstall beberapa aplikasi lain seperti layanan database ( Mysql atau SQL Server ), layanan email, ataupun layanan statistik.

Kelebihan dari Shared Hosting adalah Biaya hosting lebih murah, karena satu server digunakan untuk banyak account / web site. Sedangkan kekurangannya dapat kami rangkum sebagai berikut :

   1. Performa tidak sebaik dedicated server karena harus melayani beberapa web site.
   2. Tingkat privasi tidak sebaik dedicated server karena dapat di akses oleh banyak account.

Pilihan Shared hosting ataupun Dedicated hosting adalah tergantung kebutuhan. Untuk aplikasi yang tidak membutuhkan load server ( server melakukan proses ) yang tinggi, penggunaan shared hosting tidak lah bermasalah. Tetapi jika kita membangun web site yang memerlukan load server tinggi maka pilihan dedicated server perlu kita pikirkan. Contoh ketika kita membangun aplikasi secanggih Facebook, friendster ataupun detik.com.

Untuk pemula maka pilihan shared hosting sudah lebih dari cukup. Dan sebagian besar web site menggunakan shared hosting. Dalam perkembangan web Anda, maka kita dapat mengupgrade hosting web kita ke dedicated server setelah perhitungan bisnis yang matang. Karena biaya untuk menyewa dedicated hosting cukup membebani budget kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar